December 15, 2019

10+ Contoh Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari hari

nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari
google images

Contoh Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari hari – Siapa yang tak tahu Pancasila. Pancasila ini merupakan ideologi atau dasar – dasar yang menjadi pedoman pemerintah dalam menjalankan kehidupan bernegara.

Pengertian Pancasila Singkat

Setiap negara memiliki dasar atau pedoman sendiri dalam menjalankan negaranya. Sama halnya dengan negara Indonesia yang memiliki Pancasila sebagai landasan dasar negara. Pancasila ini sendiri dicetuskan oleh pendiri bangsa Indonesia dengan tujuan agar bangsa Indonesia memiliki pedoman kuat dalam menjalankan pemerintahan.

Arti Pancasila

Pancasila ini berasal dari bahasa Sanskerta yaitu dari kata panca dan sila. Panca berarti lima dan Sila berarti dasar. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Pancasila merupakan lima dasar yang dalam hal ini lima dasar yang dijadikan sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia.

Bunyi Pancasila yaitu :

  • Ketuhanan Yang Maha Esa
  • Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan
  • Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Pancasila sendiri dilambangkan dengan lambang burung Garuda. Pada lambang burung Garuda ini terdapat beberapa gambar, yaitu :

  • Bintang
  • Kepala Banteng
  • Pohon Beringin
  • Rantai Baja
  • Padi dan Kapas

Kelima gambar diatas merupakan cerminan dari masing – masing sila Pancasila.

Tujuan Pancasila

Dasar – dasar negara dibuat tentu dengan tujuan tertentu. Tidak terkecuali dengan Pancasila ini. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia tentunya menjadi patokan atau pedoman negara dalam menjalankan pemerintahannya.

Dalam kehidupan tentunya harus memiliki visi misi yang dituju. Namun untuk menuju visi dan misi tersebut tentunya membutuhkan sebuah proses. Dalam sebuah proses sudah pasti tidak selalu berjalan mulus. Terlebih dalam menjalankan suatu negara, kendala akan terasa lebih banyak.

Sehingga diperlukan adanya pedoman atau landasan ketika berada dalam proses menuju visi misi tersebut. Dalam hal ini landasan atau dasar yang dipilih oleh negara Indonesia yaitu Pancasila dengan bunyi Pancasila seperti yang sudah disebutkan di atas.

Meskipun hanya terdiri dari lima sila, namun banyak makna yang tersirat di dalamnya. Di dalam setiap sila dalam Pancasila terdapat poin – poin penting yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan agar hidup lebih terarah.

Fungsi Pancasila

Secara garis besar, Pancasila berfungsi sebagai landasan dasar bagi negara Indonesia dalam menjalankan kehidupan bernegara. Dan sesuai dengan isi sila Pancasila di atas, semakin memperkuat alasan bahwa Pancasila dibentuk atau dibuat untuk beberapa tujuan. Diantaranya adalah :

Sebagai Dasar Negara

Sesuai dengan definisi atau pengertiannya, Pancasila dibuat dengan tujuan sebagai dasar negara. Dengan ini Pancasila merupakan fondasi yang dijadikan sebagai pedoman bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan dan pemerintahannya.

Sebagai Landasan Hukum Negara

Dasar negara tentunya memiliki cakupan yang sangat luas. Namun dalam hal ini tujuan dibentuknya Pancasila adalah sebagai landasan hukum negara. Dengan kata lain segala hal berlawanan, menentang ataupun tidak sesuai dengan norma – norma yang tersirat dalam Pancasila sama halnya dengan melanggar peraturan hukum negara.

Sebagai Visi Misi Bangsa

Isi dari setiap sila dalam Pancasila jika diperhatikan memang sudah sangat lengkap. Kurang lebihnya yaitu menciptakan kehidupan bermasyarakat yang beragama, beradab, adil serta bersatu. Dengan poin tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa bangsa Indonesia harus bisa mewujudkan semua sila pancasila tersebut.

Menjadikan setiap sila tersebut sebagai visi misi yang harus diwujudkan agar kehidupan bangsa Indonesia aman dan damai.

Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Setiap negara tentu memiliki visi misi atau tujuan yang ingin dicapai. Dan untuk mencapai hal tersebut, suatu negara harus memiliki pandangan hidup agar lebih mudah dalam mewujudkan tujuan negaranya. Sama halnya dengan negara Indonesia yang memiliki Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara.

Dengan memiliki Pancasila ini, maka bangsa Indonesia memiliki pandangan hidul yang jelas sehingga untuk mewujudkan visi misi negara akan lebih mudah.

Sebagai Cerminan Kepribadian Bangsa

Setiap negara tentu ingin dinilai baik dimata negara lain sehingga banyak hal yang diupayakan untuk mewujudkan hal tersebut. Dimana salah satunya yaitu dengan memiliki ciri khas yang menjadikan negara tersebut unik dan berbeda dengan negara lain.

Untuk mewujudkan hal ini, Indonesia menggunakan Pancasila sebagai dasarnya. Sila dalam Pancasila sangat lengkap dan menyeluruh, meliputi berbagai aspek positif untuk menciptakan kehidupan yang baik. Pancasila ini juga yang mampu membuat Indonesia menjadi negara yang khas karena sikap dan sifat masyarakat Indonesia dilandasi dengan Pancasila.

Contoh Penerapan Pancasila

Sebenarnya sila – sila dalam Pancasila merupakan cerminan yang wajib diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Hal ini karena isi dari keseluruhan Pancasila meliputi berbagai aspek positif yang penting bagi kehidupan.

Berikut ini adalah contoh – contoh penerapan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari – hari.

Ketuhanan yang Maha Esa

Isi dari sila pertama ini sebenarnya adalah menandakan bahwa negara Indonesia merupakan negara yang percaya dengan adanya Tuhan. Meskipun memang di Indonesia sendiri terdapat agama yang lebih dari satu. Dan penerapan sila pertama dalam kehidupan sehari – hari misalnya :

  • Melakukan ibadah sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan yang dianut masing – masing.
  • Menghargai keyakinan dan kepercayaan orang lain.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sila kedua bisa diartikan bahwa negara Indonesia ingin mewujudkan masyarakat yang memiliki adab dan bersikap adil terhadap sesama. Untuk penerapan dalam kehidupan sehari – hari misalnya :

  • Saling membantu terhadap sesama.
  • Berlaku adil terhadap sesama tanpa membeda – bedakan ras, suku maupun agama.

Persatuan Indonesia

Sila ketiga sangatlah penting yaitu mewujudkan masyarakat berbangsa yang mengutamakan persatuan di atas segalanya. Persatuan bangsa sangat penting karena dengan bersatu, akan terwujud kehidupan yang aman dan damai. Contoh penerapan sila ini dalam kehidupan sehari – hari yaitu :

  • Bangga menjadi warga negara Indonesia.
  • Selalu melestarikan dan menjaga warisan kebudayaan bangsa.
  • Selalu bersatu demi bangsa Indonesia meskipun memiliki tradisi, kultur, budaya, agama, suku maupun rasa yang berbeda.

Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan

Mewujudkan rakyat yang mampu bersikap bijaksana dan bisa menyelesaikan masalah secara musyawarah adalah wujud dari sila ke empat. Dan dalam kehidupan sehari – hari tercermin dalam beberapa hal seperti :

  • Tidak main hakim sendiri.
  • Selalu menyelesaikan masalah dengan cara mufakat.
  • Jangan memaksakan kehendak atau pendapat.
  • Menghargai pendapat orang lain.

Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Adil itu penting.  Karena dengan berlaku adil tidak akan terjadi yang namanya kesenjangan sosial maupun status. Dalam kehidupan sehari – hari, penerapan sila kelima yaitu :

  • Menyamaratakan hak semua orang.
  • Tidak mengotak – kotakkan orang berdasarkan sesuatu.
  • Selalu berlaku dan bersikap adil terhadap sesama.

Dari semua penjelasan yang sudah disebutkan di atas bisa disimpulkan bahwa Pancasila memang memiliki nilai – nilai penting yang mampu mewujudkan kehidupan bernegara yang baik. Sehingga tak ada salahnya jika landasan dasar negara ini selalu terapkan dalam kehidupan demi membantu negara menunjukkan visi misi ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *